Bepergian dengan Posisi Berkendara Mobil yang Aman


Bepergian dengan Posisi Berkendara Mobil yang Aman


Anda yang akan melakukan perjalanan jauh dengan mengendarai mobil untuk jarak jauh atau keseharian, ada baiknya untuk memperhatikan beberapa hal untuk menjaga keamanan berkendara anda. Terdapat beberapa tips posisi berkendara mobil yang aman agar anda dapat sampai di tempat tujuan dengan selamat dan nyaman. Posisi merupakan hal yang sangat penting saat berkendara. Banyak orang yang masih salah dalam memilih posisi berkendara sehingga dapat membahayakan diri mereka sendiri dan orang lain. Berikut ini akan kami bagikan beberapa tips aman berkendara yang wajib anda ketahui saat mengendarai mobil anda.
Posisi duduk
Ini merupakan hal dasar dan penting saat berkendara. Posisikan diri anda senyaman mungkin di balik kemudi stir. Aturlah jarak antara kaki dan pedal yang ada pada mobil anda, usahakan kaki anda pada posisi dapat menginjak pedal tersebut secara full terutama pedal kopling dan rem. Atur jarak kemiringan serta posisi tangan anda dalam menggapai stir mobil.

Sabuk pengaman
Saat sebelum berkendara usahakan jangan lupa menggunakan sabuk pengaman, serta paskan posisi spion serta kaca dalam mobil agar pas saat berkendara.

Mengatur kecepatan
Aturlah kecepatan sesuai dengan kebutuhan serta dengan situasi jalanan saat itu. Utamakan keselamatan daripada kecepatan. Jangan pernah anda melamun saat berkendara, ini akan sangat membahayakan anda maupun pengendara lainnya. Perhatikan juga rambu-rambu yang terpasang di sekitar jalan agar anda aman dalam berkendara.

Tetap berada pada arus jalan
Jangan pernah anda berkendara melawan arus yang ada di jalanan, ini akan sangat membahayakan diri anda. Usahakan juga agar anda dapat mengikuti kecepatan yang sama seperti mobil lain, atau dengan kata lain tidak terlalu lambat serta tidak terlalu cepat. Posisikan mobil anda berada di jalur kanan jika ingi cepat, dan berpindah ke jalur kiri jika ingin berkendara secara lambat.

Istirahat lelah atau mengantuk
Saat perjalanan jauh, di tengah perjalanan mengemudi anda bisa saja mengantuk atau lelah. Jangan paksakan diri anda untuk terus mengemudi, ini akan sangat berbahaya bagi anda dan penumpang lainnya. Jika anda bersama orang yang pandai menyetir juga, tidak ada salahnya untuk bergantian, jika tidak anda harus menepi dan beristirahat.

Posisi berkendara mobil yang aman memang sangat nyaman serta membuat anda selamat sampai dengan tujuan. Dengan tertib berlalu lintas maka anda juga telah menyelamatkan nyawa anda serta pengendara lainnya.

Komentar